Workshop Laboratorium Jogyakarta



1.  
  Dasar             :
Surat dari Universitas Islam  Negeri Sunan Kalijaga, Fakultas Sains dan Teknologi LaboratoriumTerpaduNomor:
 B-087/Un.02/KalabST/KP.01.1/07/2018
Tanggal           : 6 Agustus 2018
Perihal           :  Pelatihan  Kepala Laboratorium IPA,Komputer dan Bengkel        
2.    Waktu Pelaksanaan            :  Hari Senin s/d Jum’at
   Tgl 6  s/d 10 Agustus  2018    ( 5 Hari)
3.    Tempat Pelaksanaan:  Hotel Dafam Fortune Seturan
Jl.Seturan Raya, Catur Tunggal Kec. Depok Caturtunggal Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
4.    Laporan Kegiatan    :
A.   Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia sangat berkembang dengan cepat, seiring dengan perkembangan tersebut dunia pendidikan ikut ambil bagian dengan mengambil langkah-langkah pasti yakni, melakukan praktk di laboratorium untukpelajaran teknologi informasi dan komunikasi untuk jenjang SMP.Langkah pasti pemerintah tersebut jug aterlibat dari di tetapkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional ( Permendiknas ) Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2008 pasal 1 dan 2, tentang Standar Tenaga Laboratorium SMP mencakup kepala laboratorium SMP, teknisi laboratorium SMP, dan laboran SMP.
Mengacu pada Permendiknas tersebut SMP sangat membutuhkan kepalla laboratorium, teknisi, serta laboran yang sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Untuk menjadi kepala laboratorium SMP  dapat dipenuhi dari jalur guru dan jalur laboran atau teknisi. Khusus untuk jalur guru pendidikan minimal S1, sudah berpengalaman minimal tiga tahun sebagai pengelola praktikum, dan memiliki sertifikat kepala laboratorium SMP dari perguruan tinggi atau lembaga laiin yang ditetapkan oleh pemerintah. Namun pada kenyataannya masih banyak SMP yang belum memiliki kepala laboratorium yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah . Oleh sebab itu, pemerintah melalui unit pelaksana teknis PPPPTK IPA mengembangkkan program pendidikan dan pelatihan tenaga laboratorium dan menjalin kemitraan dengan Pendm Kemenag untuk menfasilitasi Pendidikan dan Platihan ( Diklat ) bagi guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala laboratorium.
  
B.   Tujuan
-       Bagi SMP akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh SMP dalam rangka meningkatkan kualitas manajemen praktik di SMP.
-       Bagi Siswa akan membantu siswa mendapatkan kepuasan pelayanan oleh SMP terutama praktik
-       Bagi Pendidikan pada umumnya akan meningkatkan kualittas pelayanan pendidikan sehingga akan meningkatkan juga mutu Pendidikan di Indonesia.
C.   Penyelenggara
Universitas Islam negeri Sunan Kalijaga Fakultas Sains dan Teknologi Laboratorium terpadu Yogjakarta.
D.   Peserta Workshop
Pesera Pelatihan Kepala Laboratorium di ikuti oleh 50 peserta guru  dari MTSN ,SMP dan SMK/SMA.

E.   Uraian Materi
Materi Pelatihan Kepala laboratorium IPA/TIK dan Bengkel
- Analisis SWOT Laboratorium
- Roadmap Pengembangan Laboratorium
F. Tindak Lanjut
         - Bertanggung jawab atas kelengkapan administrasi Laboratorium IPA
         - Bertanggung jawab  atas kelancaran penggunaa Laboratorium IPA
         - Mengusulkan kepada kepala SMP pengadaan alat dan bahan          Laboratorium IPA
G.   Dampak
Meningkatkan SDM khususnya pada laboran serta menjadi lebih baik untuk memperlancar jalannya Pratek siswa-siswi pada SMP.
H.   Kesimpulan
Dari serangkaian Pelatihan kepala laboratorium dalam kegiatan on the job learnin bagi calon kepala laboratorium setelah mengikuti kegitan diklat (in servis learning I) merupakan hal yag sangat penting, Karena dengan adanya kegiatan ini setiap materi yang telah didapatkan dalam pelatihan dapat secara langsung diterapkan oleh para peserta.
Kegiatan on the job learning juga dapat dijadikan sebagai bukti keterlaksanaa kegiatan pendampingan setelah kegiata pelatihan kepala laboratorium dilakukan
Dalam kegiatan on the job learning para peserta calon kepala laboratorium IPA diajarkan untuk dapat melaksaakan tugas dengan baik sehingga setelah menjadi kepala laboratorium sungguh-sungguh dapat bekerja dengan baik dan profesional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Roti Nastar