RECOUNT TEXT


Recount text merupakan salah satu jenis teks dalam belajar bahasa Inggris yang memiliki fungsi unruk menceritakan kembali kejadian atau pengalaman yang terjadi di masa lalu. Teks ini ber tujuan untuk memberikan informasi dan atau menghibur pembaca yang membaca tulisan ini.

MACAM-MACAM RECOUNT TEXT

Recount text memiliki beberapa macam jenis teks yang bisa digunakan untuk Anda menulis. Disesuaikan dengan tujuan dari tulisan itu sendiri. Macam-macam jenis recount text bisa dilihat di bawah ini:
                        Personal recount
Personal recount adalah recount text yang berfungsi menceritakan tentang pengalaman pribadi penulis.
Factual recount
Factual recount adalah recount text yang berfungsi untuk menyajikan laporan peristiwa yang benar-benar terjadi, seperti laporan percobaan ilmu pengetahuan ataupun laporan kepolisian.
                        Imaginative
Imaginative adalah jenis recount text yang berfungsi menyajikan sebuah cerita imaginatif. Lalu menuliskan peristiwa atau kejadian yang telah terjadi.
                        STRUKTUR RECOUNT TEXT

Dalam membuat recount text, ada struktur yang harus diikuti saat menulis jenis teks ini. Struktur recount text terbagi menjadi 3 bagian :

Orientation

Dalam tahap yang pertama ini, penulis diminta untuk memberikan sebuah pengenalan berupa informasi mengenai siapa, di mana, kapan peristiwa atau kejadian itu terjadi di masa lalu. Di dalam bagian ini, penulis diharapkan untuk memberikan pembaca informasi yang diperlukan untuk memahami keseluruhan dari teks.
Contoh :
Yesterday I stayed the night at my friend’s house, Delia, with my other three friends, Amanda, Tiara and Clarisse. Delia’s house is so pretty. It has a big garden with a lot of kind of flowers and a big swimming pool. Right from the balcony, we can see the scenery of the whole of Bandung city
 STRUKTUR RECOUNT TEXT

Events
Di tahap kedua ini, penulis dapat menyampaikan atau mengisahkan kejadian atau peristiwa yang terjadi. Penulis diminta untuk menulis cerita dalam urutan kronologis. Seperti ‘In the first day... . In the next day... . In the last day...’
Contoh :
When we first arrived at 8 AM, Delia has welcomed us and asked us to get around the house as she explains all the room inside her home along with its function. After walking around the house, we gathered at Delia's room to put our things. Then, we go to the garden and have some tea while chatting with each other.
At 12 PM, Delia asked us to eat the lunch prepared by the chef. The food was delicious. It was a traditional food from Korea. After lunch, we decided to go swimming. We had a good time.  Around 5 PM, we cleaned ourselves and prepared for a BBQ session for the night. We ate a lot of meat and saw the city lights of Bandung City.  Right by 11 PM, we got back to the house and sat in a circle in Delia's room to talk and have some discussion.

CIRI-CIRI RECOUNT TEXT


Reorientation

Tahapan terakhir ini merupakan tahapan pengulangan pengenalan yang ada di tahap pertama. Pengulangan yang ada merangkum semua peristiwa atau kejadian yang diceritakan.
Di tahapan terakhir, penulis bisa menuliskan rangkuman dari semua peristiwa atau kejadian yang diceritakan. Penulis juga bisa menuliskan komentar atau kesan personal terhadap peristiwa atau kejadian yang telah terjadi.
Contoh:
We finally go to sleep around 2 AM, it was late, but we had so much fun. I would love to go back to Delia's house.
                        CIRI-CIRI RECOUNT TEXT
Pada saat menulis sebuah recount text, pastikan ciri-ciri berikut terdapat pada tulisan Anda.
Menggunakan kalimat past tense
Contoh : I spent my summer in Yogyakarta and I was very happy.
Menggunakan action verbs
Contoh : spent, went, brought, took, dll
Menggunakan adverb dan adverbial phrase untuk mengungkapkan waktu, tempat dan cara.
Contoh : last month, in Malang, lately, dll
Menggunakan conjunction dan time connectives untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian.
Contoh: and, or, after that, dll

contoh teks recount dalam bahasa inggris - memancing

Komentar

  1. Yes mengingatkan kembali saat di kelas. Aku rindu kelas ........

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Roti Nastar